Selasa, 29 November 2016

Hubungan Wisata Sosial Budaya Bahari dengan Kesehatan Masyarakat

Indonesia merupakan suatu Negara atau bangsa yang memiliki banyak gugusan-gugusan pulau baik pulau-pulau besar maupun pulau-pulau kecil. Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki lima pulau besar yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Adapun pulau-pulau kecil yang sangat banyak seperti Bali, Maluku, dan sebagainya. Pulau – pulau ini dibatasi oleh perairan atau yang disebut laut.
            Setiap pulau mempunyai batas-batasnya masing-masing. Wilayah lautan sendiri dibagi menjadi beberapa kategori seperti, laut teritorial, wilayah laut zona bersebelahan, wilayah laut zona ekonomi ekslusif (ZEE), dan wilayah laut batas dunia. Dengan adanya wilayah lautan dan batas-batasnya, maka setiap pulau dapat menggali kekayaan alam di setiap pulau dan melakukan kegiatan ekonomi. Tidak heran, bahwa masih banyak pulau-pulau kecil yang saling melakukan kegiatan ekonomi yang pada umumnya menerapkan sistem barter atau tukar-menukar. Hal ini dapat memberika peluang besar bagi setiap  orang dalam kegiatan perekonomian.
            Pada umumnya, wisata sosial budaya bahari berbicara tentang lingkungan keadaan laut dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Keadaan laut yang dimaksud adalah keadaan baik atau buruknya laut itu sendiri. Sebagai sumber kehidupan, laut memberikan potensi yang sangat besar. Salah satunya melalui ikan. Dengan memanfaatkan ikan, para nelayan dapat memberikan peluang yang besar dan memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya melalui ikan saja, tapi laut yang kaya akan biota-biota lautnya seperti terumbu karang, rumput laut, ikan hias maupun biota laut lainnya dapat memberi peluang besar dalam bidang wisata.
            Kesehatan masyarakat adalah suatu program kesehatan yang memandang atau melihat penuh keadaan dalam suatu masyarakat. Seseorang yang terjun dalam bidang kesehatan tidak hanya memandang atau melihat keadaan suatu masyarakat, tetapi memberikan jalan keluar atau solusi dalam setiap masalah-masalah kesehatan yang timbul dalam masyarakat tersebut. Dalam bidang ini pula, kesehatan masyarakat mempunyai dua fungsi yaitu untuk mencegah dan promosi kesehatan.
            Bila dihubungkan antara wisata sosial budaya bahari dengan kesehatan masyarakat, maka kita dapat melihat peranan penting seorang kesehatan masyarakat menangani masalah-masalah kesehatan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar pantai dan laut. Seorang kesehatan masyarakat akan melihat sejauh mana masalah kesehatan itu bergerak dan penyebab bahkan akibat yang ditimbulkan dari masalah kesehatan tersebut. Melihat suatu masalah kesehatan yang terjadi, maka seorang kesehatan masyarakat juga akan memberikan solusi untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan tersebut bahkan masalah kesehatan yang lainnya.
            Lingkungan perairan atau kelautan sangat berkaitan erat dengan wilayah pesisir dan masyarakatnya Wilayah pesisir merupakan wilayah peralihan antara laut dan daratan, ke arah darat mencakup daerah yang masih terkena pengaruh percikan air laut atau pasang surut, dan ke arah laut meliputi daerah paparan benua (continental shelf). Beatley et al. (1994), Dahuri dkk (2001). Sedangkan masyarakat pesisir merupakan sekumpulan masyarakat yang hidup bersama-sama mendiami wilayah pesisir.
            Biasanya, pengelolaan sumber kekayaan laut dikelolah oleh masyarakat pesisir dan nelayan. Masyarakat pesisir sendiri menghadapi berbagai masalah seperti masalah air bersih, sampah, air limbah dan masalah penyakit tular vektor. Keadaan laut yang sudah berisi sampah, tidak dapat memberikan peluang bagi masyarakat pesisir untuk mengelolah biota-biota laut yang ada karena sudah tercemar dengan sampah itu sendiri.          

            Melihat keadaan yang seperti ini, maka ada  alasan yang harus diperhatikan mengapa Indonesia perlu mengubah paradigma kehidupan Negara menuju Negara maritim, yaitu bahwa Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia karena 2/3 wilayahnya merupakan laut  dan sumber daya alam khususnya laut memberikan potensi sumber daya alam baik hayati maupun non-hayati serta energi gelombang laut dan Indonesia sendiri pernah mengalami masa kejayaan laut yang membuktikan bahwa Indonesia memiliki kekuatan laut yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar