Selasa, 29 November 2016

Mencegah Kolesterol di Wilayah Manado dan Sekitarnya

1.      Tujuan Program Kesehatan
Tujuan Umum :
Untuk mencegah bertambahnya penderita penyakit kolesterol di wilayah Manado dan sekitarnya.
Tujuan Khusus :
Untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak yang dapat memicu seseorang terkena penyakit kolesterol.
           2.      Input (Masukan)
a.       Man
Sasaran yang dimaksudkan adalah masyarakat yang biasa mengkonsumsi makanan fast food (siap saji) dan yang mengandung lemak yang tidak diimbangi dengan aktivitas sehari-hari.
b.      Money
Dalam pembuatan program ini, tentunya dibutuhkan biaya atau dana dari pemerintah dan pihak-pihak yang bersangkutan dengan dunia kesehatan, seperti Dinas Kesehatan Daerah.
c.       Metode
Untuk menyukseskan program ini, maka dilakukan metode penyuluhan atau seminar kepada masyarakat yang memiliki faktor resiko  terkena penyakit kolesterol. 
d.      Material
Material yang digunakan adalah alat pengukur kolesterol dan adanya tenaga medis.
e.       Market
Sasaran utamanya adalah pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk melakukan sosialisasi dan intervensi kepada masyarakat yang memiliki resiko terkena penyakit kolesterol. 
3.      Proses
Program ini dilaksanakan di puskesmas-puskesmas yang ada di Manado dan sekitarnya yang belum mengetahui bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tanpa diimbangi dengan aktivitas sehari-hari.
4.      Output (Keluaran)
Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat dapat memahami tentang pentingnya kesehatan dan cara untuk mencegah penyakit kolesterol.
5.      Impact (Dampak)
Program ini memberi dampak bukan hanya kepada pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) saja, tetapi dapat memberikan dampak pula kepada masyarakat Manado dan sekitarnya. Dampak untuk pemerintah dan LSM, yaitu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang terkena kolesterol. Dampak untuk masyarakat, yaitu mengetahui dan memahami bahaya makanan yang dapat memicu tubuh mudah terkena penyakit kolesterol.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar