A.
Konsep Pemasaran
Menurut John
McKitterick, konsep pemasaran adalah suatu filsofi yang berorientasi pelanggan,
terintegrasi, dan berorientasi, tujuan untuk suatu perusahan, institusi, atau
perorangan (Evans dan Berman, 1987).
B.
Pemasaran Internal
Pemasaran
internal adalah kegiatan menarik, mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan
karyawan-karyawan berkualitas melalui hasil pekerjaan yang memuaskan kebutuhan
mereka. Pemasaran internal merupakan filsofi yang memperlakukan karyawan
sebagai pelanggan serta merupakan strategi mengenal penentuan bentuk produk
kerja guna memenuhi kebutuhan manusia. (Berry L dan Parasuraman A., 1991, Marketing Services: Copeting trhough
Quality). Jadi yang menjadi pemasaran internal adalah karyawan industri
kesehatan sendiri. Internal marketing merupakan suatu filsofi untuk mengelolah
sumber daya manusia organisasi berdasarkan perspektif pemasaran.
C.
Tujuan Pemasaran Internal
Pemasaran
internal merupakan metode, teknik, dan alat yang membantu komonikasi dan
menolong manajemen untuk mengatasi resistensi untuk berubah. Pemasaran internal
melibatkan seluruh karyawan dalam menyusun strategi dan rencana kegiatan serta
pelaksanaan rencana. Prinsip dan konsep pemasaran eksternal dapat diterapkan
pada pemasaran internal. Perbedaannya adalah pada pemasaran internal karyawan
sebagai pasar atau pelanggan. Kemudian, pemasaran internal adalah prasyarat
pemasaran eksternal. Beberapa tujuan pemasaran internal dapat dirumuskan
sebagai berikut:
1.
Mengembangkan karyawan melalui motivasi
kerja, komitmen pada orientasi pemenuhan harapan pelanggan, proses layanan yang
memberikan nilai tambah, dan diilhami kerja tim (team work).
2.
Memepertahankan karyawan yang produktif
dan yang loyal;
3.
Menyampaikan pelayanan seperti yang
dijanjikan atau sesuai dengan promosi;
4.
Meningkatkan kepuasan karyawan guna
meningkatkan kimerjanya kemampulabaan rumahsakit.
D.
Manfaat Pemasaran Internal yang Berhasil
Berikut
beberapa asumsi mengenai pemasaran internal yaitu:
1.
Jika konsumen luar bisa memperoleh
layanan lebih baik karena upaya pemasaran internal kita, maka mereka akan
kembali untuk membeli produk dan jasa yang kita tawarkan.
2.
Jika upaya pemasaran internal tidak
mampu memberikan layanan yang lebih baik.kepada konsumen eksternal, maka setiap
rupiah yang digunakan disetiap menit untuk waktu manajemen menjadi tidak
berguna sama sekali.
3.
Meningkatkan kepuasan pelanggan
eksternal melalui peningkatan mutu layanan
dan loyalitas karyawan adalah
dengan memberlakukan insentif keuntungan
organisasi.
Jadi, hasil langsung pemasaran internal adalah
peningkatan komitmen dan loyalitas
karyawan dan akhirnya peningkatan mutu layanan kepada pelanggan
eksternal. Komitmen adalah sikap dan tindakan karyawan untuk berkontrobusi dan
mengatasnamakan kepentingan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar