Selasa, 22 November 2016

Pemasaran Internal

A.      Konsep Pemasaran
Menurut John McKitterick, konsep pemasaran adalah suatu filsofi yang berorientasi pelanggan, terintegrasi, dan berorientasi, tujuan untuk suatu perusahan, institusi, atau perorangan (Evans dan Berman, 1987).
B.        Pemasaran Internal
Pemasaran internal adalah kegiatan menarik, mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan karyawan-karyawan berkualitas melalui hasil pekerjaan yang memuaskan kebutuhan mereka. Pemasaran internal merupakan filsofi yang memperlakukan karyawan sebagai pelanggan serta merupakan strategi mengenal penentuan bentuk produk kerja guna memenuhi kebutuhan manusia. (Berry L dan Parasuraman A., 1991, Marketing Services: Copeting trhough Quality). Jadi yang menjadi pemasaran internal adalah karyawan industri kesehatan sendiri. Internal marketing merupakan suatu filsofi untuk mengelolah sumber daya manusia organisasi berdasarkan perspektif pemasaran.
C.     Tujuan Pemasaran Internal
Pemasaran internal merupakan metode, teknik, dan alat yang membantu komonikasi dan menolong manajemen untuk mengatasi resistensi untuk berubah. Pemasaran internal melibatkan seluruh karyawan dalam menyusun strategi dan rencana kegiatan serta pelaksanaan rencana. Prinsip dan konsep pemasaran eksternal dapat diterapkan pada pemasaran internal. Perbedaannya adalah pada pemasaran internal karyawan sebagai pasar atau pelanggan. Kemudian, pemasaran internal adalah prasyarat pemasaran eksternal. Beberapa tujuan pemasaran internal dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Mengembangkan karyawan melalui motivasi kerja, komitmen pada orientasi pemenuhan harapan pelanggan, proses layanan yang memberikan nilai tambah, dan diilhami kerja tim (team work).
2.      Memepertahankan karyawan yang produktif dan yang loyal;
3.      Menyampaikan pelayanan seperti yang dijanjikan atau sesuai dengan promosi;
4.      Meningkatkan kepuasan karyawan guna meningkatkan kimerjanya kemampulabaan rumahsakit.
           D.    Manfaat Pemasaran Internal yang Berhasil
Berikut beberapa asumsi mengenai pemasaran internal yaitu:
1.    Jika konsumen luar bisa memperoleh layanan lebih baik karena upaya pemasaran internal kita, maka mereka akan kembali untuk membeli produk dan jasa yang kita tawarkan.
2.    Jika upaya pemasaran internal tidak mampu memberikan layanan yang lebih baik.kepada konsumen eksternal, maka setiap rupiah yang digunakan disetiap menit untuk waktu manajemen menjadi tidak berguna sama sekali.
3.    Meningkatkan kepuasan pelanggan eksternal melalui peningkatan mutu layanan  dan loyalitas  karyawan adalah dengan memberlakukan insentif  keuntungan organisasi.

Jadi, hasil langsung pemasaran internal adalah peningkatan komitmen dan loyalitas  karyawan dan akhirnya peningkatan mutu layanan kepada pelanggan eksternal. Komitmen adalah sikap dan tindakan karyawan untuk berkontrobusi dan mengatasnamakan kepentingan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar